Dishub Serdang Bedagai Pasang Spanduk Rambu – Rambu Larangan 

Sipispis, (indopos86.com) – Mengingat maraknya truk angkutan yang melebihi kapasitas muatan , dinas perhubungan (Dishub) Serdang Bedagai memasang spanduk rambu-rambu larangan over kapasitas untuk truk angkutan di jalan ancol Desa Buluh Duri kecamatan SIPISPIS kabupaten Serdang Bedagai, Sumut,  Senin, 16/01/2023.

Kadis PUPR Serdang Bedagai Johan Sinaga menegaskan, Mengingat anggaran untuk pemasangan portal belum tersiapkan, maka di harapkan rambu-rambu tersebut sebagai peringatan keras bagi pengguna jalan angkutan umum yang melebihi kapasitas muatan.

Seperti yang terpantau oleh awak media Indopos86 di lokasi ,16/01/2023, pukul 15.00 wib, Beberapa orang dari Dinas perhubungan (Dishub) Serdang Bedagai di saksikan oleh Kepala desa Buluh Duri dan beberapa orang warga serta perangkat Desa, memasang spanduk rambu- rambu larangan untuk truk angkutan over kapasitas.

Dinas perhubungan (Dishub) kabupaten Serdang Bedagai sangat Menghimbau kepada setiap pemilik truk angkutan agar bisa mematuhi peraturan rambu-rambu tersebut.

Setelah terpasang rambu-rambu ini, di harapan kan juga timbul kesadaran bagi penggunaan angkutan truk agar dapat mematuhi peraturan yang sudah di tetapkan pemerintah kabupaten Serdang Bedagai tidak melebihi kapasitas muatan lebih dari 8 ton” harap kades Buluh Duri Dewi Yanthi!

Sebagaimana peraturan daerah ( PERDA ) kabupaten Serdang Bedagai yang telah mengeluarkan PERDA nya yang mengacu kepada undang undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas,dan angkutan jalan pasal 19 ayat 2 huruf (c) yang menyatakan,

Bahwa Jalan kelas III yaitu jalan Alteri,kolektor, lokal dan lingkungan yang dapat di lalui kendaraan bermotor dengan tidak melebihi lebar (2100 Milimeter) panjang tidak melebihi dari ( 9000 Milimeter) dan tinggi tidak melebihi dari ( 3500 Milimeter).

Untuk Menindak lanjuti peraturan daerah (PERDA) Kabupaten Serdang Bedagai nomor 9 tahun 2018 tentang penyelenggaraan jalan pasal 135 ayat (2), setiap orang yang melanggar peraturan daerah (PERDA) Dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan penyelenggaraan jalan pasal (132 huruf G) maka akan di kenakan sanksi pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak sebesar 50 (lima puluh)juta.

Dengan ketentuan ketentuan tersebut,  diharapkan peranan dan partisipasi warga setempat khusus nya, untuk menjaga jalan tersebut agar tidak di lalui oleh kendaraan muatan over kapasitas terlebih dari oknum yang tidak bertanggung jawab.sehingga jalan tersebut bisa bertahan lebih lama.

(Zul Fitriadi Saragih) Indopos86

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan