Memprihatinkan, Sudah 2 Tahun Lebih Jembatan Paletokan Desa Silau Padang Terabaikan

Jembatan Paletokan yang terletak di Desa Silau Padang Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai saat ini kondisinya terlihat memprihatinkan, Sabtu (07/01/2023). Foto: Zulfitriadi Saragih/IndoPos86.com.
“Cuma jembatan ini yang kami harapkan untuk mengeluarkan hasil produksi selama ini, bahkan kami sampai rela memikul TBS sawit satu persatu menyeberangi sungai agar kami mendapat hasil,”

Sabtu 7 Desember 2023 I Pukul 14.20 WIB

Serdang Bedagai, IndoPos86.comJembatan Paletokan yang terletak di Desa Silau Padang Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai saat ini kondisinya terlihat memprihatinkan, jembatan ini lumpuh total diakibatkan oleh besarnya banjir yang melanda sungai tersebut sekitar 2 tahun yang lalu.

Bacaan Lainnya

Seperti di lansir awak media IndoPos86.com Sabtu (07/01/2023) sekira pukul 09.00 WIB di lokasi terpantau bahwa jembatan ini sudah tidak dapat difungsikan kembali untuk kendaraan roda dua. Sehingga dampak dari robohnya jembatan ini banyak warga yang merasa kecewa karena jembatan yang biasa dilalui mereka tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah Pemkab Sergai dan dinas terkait.

Warga sangat berharap kepada Pemerintah dan instansi terkait agar dapat segera membangun kembali jembatan tersebut, pasalnya jembatan sudah 2 tahun lebih mengalami kerusakan disebabkan kikisan arus banjir sehingga merobohkan pondasi jembatan.

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa jembatan ini adalah salah satu prasarana dan akses yang sangat di butuhkan sekali oleh masyarakat dimana yang selama ini jembatan digunakan untuk mengeluarkan hasil pertanian mereka terutama buah kelapa sawit, karet, jeruk dan lain-lainnya.

Untuk itu kiranya pembangunan ulang jembatan tersebut cepat terealisasi sehingga keluhan warga pun tidak terbendung lagi karena sudah terlalu lama jembatan tersebut diabaikan.

“Cuma jembatan ini yang kami harapkan untuk mengeluarkan hasil produksi selama ini, bahkan kami sampai rela memikul TBS sawit satu persatu menyeberangi sungai agar kami mendapat hasil, tapi sampai sekarang belum ada titik terang kapan jembatan ini diperbaiki,” ucap salah satu warga saat berada di jembatan tersebut dengan penuh harap.

Terkait hal itu Kepala Desa Silau Padang Rajali Purba angkat bicara melalui postingan di akun Facebook miliknya yang mengatakan bawa harus diusul kan kemana lagi untuk pembangunan jembatan tersebut.

“Sudah berulang kali disurvey oleh pihak PUPR Serdang Bedagai, mulai tahun 2021 dan ini sudah habis tahun 2022 dan masuk tahun 2023 belum juga kunjung dibangun,” tulisnya.

Diakhir postingan beliau mengatakan “Kalau cukup dana desa maka akan saya bangun jembatan ini,” ucapnya.

Seperti itu lah rasa kecewa yang mendalam di rasakan oleh Kades Silau Padang yang dituangkan dalam postingan Facebook miliknya. Dan tidak sedikit cuitan warganet yang membanjiri kolom komentar ada yang memberikan semangat dan sebagian ada juga mengkritik Dinas terkait.

Jembatan Paletokan yang terletak di Desa Silau Padang Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai saat ini kondisinya terlihat memprihatinkan, Sabtu (07/01/2023). Foto: Zulfitriadi Saragih/IndoPos86.com.

Kepada awak media IndoPos86.com Kepala Dinas PUPR Serdang Bedagai Johan Sinaga saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp meengatakan bahwa beliau sudah mengusulkan pembangunan jembatan itu ke BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pusat dan sekarang tinggal proses pengalokasian anggarannya.

Sebagai penunjang produksi pertanian serta sebagai prasarana pendukung pemasaran komoditas dengan memudahkan petani untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan sehingga memberi manfaat dalam meningkatkan kapasitas produksi serta berpotensi untuk kemakmuran rakyat sehingga sudah sepantasnya jembatan ini segera di perbaiki.

Bahkan Tidak sedikit warga yang mengeluhkan akibat dampak dari robohnya jembatan tersebut.

“Kalau sudah seperti ini saya jadi takut ke ladang karena kalau banjir dari mana saya mau lewat dan mau memanen sawit pun jadi susah harus dipikul satu persatu agar sampai ke seberang,” tutur salah seorang warga dengan rasa kecewa.

Menurut pantauan awak media kepada warga menyebutkan bahwa sekitar bulan Desember 2020 yang lalu sudah ada peninjauan oleh Kepala Desa Silau Padang Rajali Purba didampingi oleh perwakilan Dinas PUPR Serdang Bedagai namun faktanya sampai saat ini belum juga ada titik terang nya.

Melalui Media IndoPos86.com mengharapkan kepada instansi terkait mulai dari pemerintah Desa, Kecamatan dan Kabupaten agar dapat terhubung kerja sama yang baik sehingga jembatan tersebut secepatnya terealisasi sebagai mana yang diharapkan bersama. (Zulfitriadi Saragih/IndoPos86.com).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan