Puluhan Warga Ancol Buluh Duri Membuat Aksi Blokade Jalan Untuk Truk Bermuatan Over Kapasitas

Warga Ancol Desa Buluh Duri kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai beramai-ramai turun ke jalan untuk memblokade jalan pada Selasa (03/01/2023). Foto: Zulfitriadi Saragih/IndoPos86.com.
“Saya sangat berharap penuh kepada warga sekaligus saya sangat mengapresiasi kepedulian warga Buluh Duri, karena untuk menjaga jalan itu bukan harus dari pemerintah saja,”

Selasa 3 Januari 2023 I Pukul 21.03 WIB

Serdang Bedagai, IndoPos86.comWarga Ancol Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai beramai-ramai turun ke jalan untuk memblokade jalan pada Selasa (03/01/2023). Hal ini dikarenakan truk milik PKS CSJC yang mengangkut buah sawit dengan kapasitas puluhan ton melintasi jalan tersebut.

Bacaan Lainnya

Aksi yang dilakukan oleh puluhan warga Desa Buluh Duri Dusun V berkolaborasi dengan warga Dusun VI Desa Sampanan Kecamatan Dolok Merawan bergabung untuk menstop truk angkutan sawit, hal ini dipicu karena truk milik PKS PT CSJC lewat dengan muatan diatas maksimal.

Karena banyak warga mengeluhkan mengingat jalan yang selama ini rusak tak jarang sebagian warga yang sampai terjatuh saat jalan tersebut belum di aspal dengan seenaknya truk muatan sawit melewati jalan mereka yang baru selesai di aspal, akibatnya warga pun marah dan kesal karena terlihat truk PKS angkut sawit melintas dengan kapasitas muatan maksimum yang bisa mengakibatkan merusak jalan tersebut.

Kemarahan warga memuncak setelah salah satu warga sebut saja namanya Mangkuaman Purba selaku ketua SPSI di PKS tersebut berusaha menantang warga dan memaksa agar truk tersebut boleh lewat tanpa ada yang menghalangi dan akhirnya sontak warga ikut emosi karena telah melontarkan bahasa kasar

Seperti terlihat dari video siaran langsung pemilik akun Facebook “Devi Achi”, terlihat Mangkuaman Purba yang berdomisili di Desa Marjanji nyaris adu fisik oleh salah satu warga pasalnya dia tidak terima bila truk angkutan sawit tersebut dilarang untuk lewat.

Berbagai macam komentar di akun Facebooknya Devi Achi, seperti Afwirina Harahap yang isi komentar nya mengatakan,

“Saat jalan rusak dulu, ingat aku anak ku jatuh di situ sampai dijahit jidatnya, jadi Alhamdulillah jalan itu sudah bagus kan kak, apa lagi kalau musim hujan, dulu sebelum diaspal jalan itu licin,” cuitan komentarnya.

Dan masih banyak lagi komentar untuk memberikan semangat kepada warga, terutama pemilik akun Facebook Mahyar Damanik,

“Jangan dikasih lewat melebihi tonase, bila berkeras, bisa hubungi kepala desa atau kepolisian terdekat,” ungkap Mahyar Damanik dalam kolom komentarnya.

Begitu banyak cuitan yang ada di kolom komentar yang memberikan semangat kepada warga Ancol Desa Buluh Duri.

Warga Ancol Desa Buluh Duri kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai beramai-ramai turun ke jalan untuk memblokade jalan pada Selasa (03/01/2023). Foto: Zulfitriadi Saragih/IndoPos86.com.

Dery Andryani selaku Sekdes Buluh Duri juga turut hadir mewakili Buk Kades yang kebetulan lagi berada di luar kota.

“Saya bangga melihat antusias dan kepedulian warga buluh Duri dan warga Sampanan Dolok merawan untuk menjaga jalan ini terjaga,” ucap Deri.

Tampak di lokasi Herlambang selaku Humas PKS CSJC, yang enggan memberikan komentar nya saat di wawancara oleh awak media IndoPos86.com

Namun yang sebelumnya beberapa hari yang lalu tapat pada tanggal (18/12/2022), awak media IndoPos86.com mengkonfirmasi beliau Untuk mempertanyakan tentang truk angkutan PKS yang melebihi kapasitas bukannya sudah di larang lewat melebihi kapasitas muatan, sontak dia menjawab dengan bahasa arogan

“Knp kok kau pula yg keberatan klo mbl pks lewatin jalan ini?…… Memang jalan kau punya…… Macam yg hebat kali lah kau. Jgn kau kira aq takut sama kau.. Dmna kau mw biar aq jumpai… ,, .biar besok d tempat kerjaan aq datang,” ungkap Herlambang melalui chat via WhatsApp.

Semestinya bahasa dari seorang Humas (Hubungan Masyarakat) haruslah memakai bahasa yang humanis dan bukan sebaliknya terkesan arogan terhadap awak media.

Dengan bahasa yang demikian, berarti beliau tidak mengindahkan himbauan dari Dinas terkait, yang sebelumnya Dinas terkait telah menyarankan serta melarang truk muatan maksimal tanpa terkecuali guna menjaga kualitas jalan.

Tidak lama kemudian beberapa dari anggota kepolisian dari Polsek Sipispis pun datang untuk menenangkan emosi warga dan mengantisipasi guna penanganan bila terjadi bentuk anarkis dari kedua belah pihak.

Warga Ancol Desa Buluh Duri kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai beramai-ramai turun ke jalan untuk memblokade jalan pada Selasa (03/01/2023). Foto: Zulfitriadi Saragih/IndoPos86.com.

Tampak di lokasi sebuah truk angkutan kelapa sawit dengan Nopol BK 8819 FA terparkir di pinggir jalan, yang sebelumnya sudah di larang oleh warga untuk lewat. Dan emosi warga pun sedikit mereda setelah selang beberapa saat kemudian truk tersebut ditarik mundur untuk putar balik .

Terpisah, Kepala Desa Buluh Duri Dewi Yanti purba saat di konfirmasi oleh awak media melalui via telepon seluler nmengatakan,
“Jangan sampai truk itu di kasih lewat sebelum ada somasi atau kesepakatan dari warga sekitar,” tuturnya.

Dewi Yanti Purba selaku Kades Buluh Duri yang selama ini berusaha keras dan bersusah payah agar jalan tersebut tersentuh aspal, dengan tegas menekan kan agar warga sekitar dapat bekerja sama untuk menjaga jalan tersebut ,agar melarang setiap kendaraan melebihi kapasitas muatan melintas.

Kadis PUPR Johan Sinaga saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp nya Selasa (03/01/2023) ,juga memberikan tanggapan terkait hal ini.

“Saya sangat berharap penuh kepada warga sekaligus saya sangat mengapresiasi kepedulian warga Buluh Duri, karena untuk menjaga jalan itu bukan harus dari pemerintah saja, saya sangat berharap agar warga pun wajib menjaga dan Insyaallah di bulan Januari ini saya akan segera membuat portal apa bila anggaran untuk tahun 2023 ini keluar,” ucapnya.

Sampai berita ini di turun kan, sejumlah warga masih bertahan di lokasi guna mengantisipasi bila mana truk tersebut memaksa untuk lewat. (Zulfitriadi Saragih/IndoPos86.com).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan