Kapolri Bersama Panglima TNI Tinjau Misa Natal 2022

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengunjungi Gereja Katedral di Jakarta untuk meninjau pelaksanaan malam misa Natal, Sabtu (24/12/2022) malam. Foto: Humas Mabes Polri.
“Saya selaku Kapolri mengucapkan selamat Natal kepada seluruh Saudara-saudara yang terkasih. Selamat Natal tahun 2022,”

Minggu 25 Desember 2022 I Pukul 19.20 WIB

Jakarta, IndoPos86.comKapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengunjungi Gereja Katedral di Jakarta untuk meninjau pelaksanaan malam misa Natal, Sabtu (24/12/2022) malam.

Bacaan Lainnya

Turut mendampingi Kapolri adalah Wakapolri Komjen. Pol. Prof. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si dan Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si.

Saat tiba di lokasi, Kapolri bersama Panglima TNI langsung memasuki gedung Gereja Katedral dan mengucapkan selamat Natal kepada seluruh jemaat yang hadir.

“Saya selaku Kapolri mengucapkan selamat Natal kepada seluruh Saudara-saudara yang terkasih. Selamat Natal tahun 2022,” ujar Kapolri saat menyampaikan selamat kepada jemaat yang hadir pada Sabtu (24/12/22).

Sigit mengungkapkan, Presiden Indonesia Joko Widodo telah menginstruksikan kepada TNI-Polri untuk bekerja secara maksimal dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat sepanjang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Sesuai arahan Pak Presiden bahwa pelaksanaan Nataru harus berjalan aman dan lancar,” kata Sigit di Gereja GPIB Immanuel, Jakarta Pusat, Sabtu, 24 Desember 2022, malam.

TNI-Polri, dikatakan Sigit, terus menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait pengamanan Nataru. Menurut Sigit, sejak jauh hari, sinergisitas dua lembaga dan stakeholder terkait sudah melakukan upaya maksimal dalam rangka mengamankan tempat ibadah maupun pemantauan arus mudik.

Bahkan, TNI, Polri dan pihak terkait lainnya sudah melaksanakan apel gelar pasukan demi memantapkan seluruh rangkaian pengamanan Nataru berjalan damai tanpa adanya gangguan.

“Mulai tadi sore, saya kira seluruh jajaran bersama-sama antara TNI-Polri telah gelar pasukan untuk memastikan seluruh kegiatan ibadah telah dilaksanakan dan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Sigit.

Terkait pengamanan di gereja, Sigit menyatakan bahwa, TNI dan Polri juga bersinergi dengan organisasi masyarakat lainnya seperti Banser NU dan Kokam Muhammadiyah serta ormas lainnya yang ikut membantu.

Sigit pun mengapresiasi sinergisitas elemen masyarakat tersebut. Menurutnya, hal itu mencerminkan tingginya nilai toleransi dan saling menghargai antar umat beragama di Indonesia.

“Disisi lain, ini menunjukkan nilai toleransi beragama yang tentunya harus selalu kita jaga. Semangat persatuan dan kesatuan tentunya harus kita jaga. Untuk menuju masa depan Indonesia yang lebih baik,”

Dengan adanya komitmen bersama antara, Pemerintah, TNI, Polri dan elemen masyarakat, Sigit meyakini bahwa, seluruh rangkaian Nataru akan berjalan aman, nyaman dan damai bagi seluruh warga.

Disisi lain, Sigit menyebut bahwa, perayaan Natal di tengah Pandemi Covid-19 ini mengalami perbaikan serta peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Kegiatan ibadah di Gereja tahun ini bisa diikuti sebanyak 100 persen kapasitas.

“Jadi harapan kita tentunya kedepan, kita sedang menunggu. Bapak Menkes sedang melaksanakan penelitian kembali. Mudah-mudahan kita berdoa tahun depan kita bisa tinggalkan semua aturan terkait dengan PPKM dan kembali ke kehidupan normal. Jadi tentunya dengan demikian aktivitas masyarakat juga akan lebih baik, perekonomian akan lebih baik, dan tentunya kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat,” tutup Sigit.

Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI turut mengucapkan selamat merayakan Natal kepada seluruh jemaat yang hadir.

“Kami atas nama prajurit TNI mengucapkan selamat Natal, dan alhamdulillah pada tahun ini kita dapat merayakan Natal lebih dari yang lalu, tentu karena setelah COVID,” ujar Panglima TNI.

Diketahui, Gereja Katedral Jakarta menggelar misa perayaan Natal 2022 dengan kapasitas jemaat yang disediakan untuk ibadah perayaan Natal lebih dari 2.000 atau 50 persen dari kapasitas maksimal. (Red/IndoPos86.com).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan