Sayembara Lagu PON XXI 2024 Dimenangkan Abi Nubli, Kadispora Sumut: Kita Segera Sosialisasikan

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Tuahta Ramajaya Saragih, pada penyerahan hadiah pemenang sayembara lagu tema PON XXI 2024 Aceh Sumut di Kantor Dispora Sumut, Jalan Pancing, Deliserdang, Rabu (21/12/2022). Foto: Dinas Kominfo Sumut.
“Ini akan kita sampaikan ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan akan dilakukan sosialisasi,”

Kamis 22 Desember 2022 I Pukul 19.43 WIB

Medan, IndoPos86.com – Pemenang sayembara lagu tema Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut telah diumumkan. Dari 14 peserta yang mengikuti sayembara tersebut, Abi Nubli Qisthy terpilih sebagai pemenang.

Bacaan Lainnya

Lagu tersebut akan segera disosialisasikan bersama dengan logo, maskot dan tagline PON XXI. Namun sebelum disosialisasikan, lagu tersebut akan diperkaya dengan berbagai tambahan seperti musik etnis dan lainnya.

“Ini akan kita sampaikan ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dan akan dilakukan sosialisasi,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Tuahta Saragih, pada penyerahan hadiah pemenang sayembara lagu tema PON XXI 2024 Aceh Sumut di Kantor Dispora Sumut, Jalan Pancing, Deliserdang, Rabu (21/12/2022).

Kata Tuahta, ke depan tidak menutup kemungkinan ada sayembara lagu pendamping lagu tema tersebut. Lagu tersebut juga akan digunakan pada penutupan seremonial PON yang diadakan di Sumut.

“Ada kemungkinan tahun depan kita mengadakan sayembara lagi menciptakan satu lagu lagi sebagai Pendukung lagu sekarang, bisa mars bisa himne,” katanya.

Sekretaris Jenderal KONI Pusat Ade Lukman yang hadir secara virtual mengatakan brand mark PON yang antara lain logo, maskot, tagline dan lagu tema bisa segera disosialisasikan, baik di wilayah Aceh-Sumut ataupun tingkat nasional. Ia mengharapkan pada awal tahun 2023, PB PON sudah menyiapkan diri mempromosikan PON.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut Tuahta Ramajaya Saragih, pada penyerahan hadiah pemenang sayembara lagu tema PON XXI 2024 Aceh Sumut di Kantor Dispora Sumut, Jalan Pancing, Deliserdang, Rabu (21/12/2022). Foto: Dinas Kominfo Sumut.

Oleh sebab itu, dengan sisa waktu satu setengah tahun lagi, PB PON bersama-sama harus bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan PON. Untuk promosi yang lebih masif, Ade mengajak PB PON bersama dengan KONI bertemu dengan Menteri Komunikasi dan Informatika. Sehingga brand mark PON Aceh-Sumut bisa disosialisasikan secara serentak di stasiun televisi maupun radio se-Indonesia.

“PON Aceh-Sumut kita harapkan menjadi PON yang lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Ade.

Sekretaris Umum Panitia Besar PON XXI 2024 Aceh-Sumut Afifi Lubis mengatakan sosialisasi logo, maskot, tagline, dan lagu tema PON akan segera dilakukan. “Daerah perlu diberitahu khususnya seluruh kabupaten/kota Sumut, kemudian secara nasional melalui KONI pusat secara serentak se-Indonesia,” kata Afifi.

Sementara itu pemenang sayembara lagu tema Abi Nubli Qisthy mengungkapkan, proses produksi lagu tersebut selama satu minggu. Dalam lagu tersebut, Ia ingin menyampaikan pesan kesatuan, persatuan, sportivitas dan solidaritas. “Diharapkan lagu tersebut dapat mengajak orang di Sumut atau Indonesia menyemarakkan PON 2024 ini,” kata Abi.

Sebagai informasi, logo, maskot, dan tagline telah lebih dulu diumumkan pemenangnya pada pembukaan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2022 beberapa waktu lalu. Adapun maskot untuk Sumut yang diluncurkan bernama Matra (Harimau Sumatera). Matra menggunakan Tanjak Melayu, Ulos Batak dan tampak Gorga Batak. Tagline yang diluncurkan juga memiliki semangat yang optimis yaitu ‘Bersatu Kita Juara’. (Red/IndoPos86.com).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan