Jelang HPN 2023, Pemprov Sumut dan PWI Adakan FGD Bahas Demokrasi Pers

Jelang Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Kota Medan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7, Medan, Kamis (08/12/2022). Foto: Dinas Kominfo Sumut.
“Keenam poin ini harus kita utamakan dan harus terwujud untuk menciptakan pers yang berkualitas, profesional,”

Sabtu 10 Desember 2022 I Pukul 00.11 WIB

Medan, IndoPos86.com – Jelang Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Kota Medan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengadakan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pers yang bermartabat dan demokratis, yang berdaulat, sesuai dengan tema HPN 2023.

Bacaan Lainnya

Demi mewujudkan hal tersebut, ada enam poin yang perlu diperhatikan pers nasional pada saat ini, menurut Ketua PWI Atal S Depari. Pertama, kesejahteraan dan ketentraman insan pers, kedua peningkatan profesionalitas, ketiga kewajiban lembaga pers membina kualitas insan pers, keempat self-regulasi dan self-control, kelima independensi, dan keenam konsolidasi dan konvergensi.

“Keenam poin ini harus kita utamakan dan harus terwujud untuk menciptakan pers yang berkualitas, profesional,” kata Atal S Depari saat FGD di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7, Medan, Kamis (08/12/2022).

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas S Sitorus mengatakan pesatnya perkembangan saat ini memaksa semua orang untuk ikut di dalamnya, termasuk pers. Oleh sebab itu, pers terus berkembang dan menjawab tantangan yang ada saat ini.

“Perubahan saat ini cepat sekali, kalau kita tidak mengikuti perubahan tersebut, tentu kita akan tertinggal atau ditinggalkan. Terutama pers sebagai lembaga yang bertugas menyebarluaskan informasi, mudah-mudahan melalui HPN 2023 pers kita semakin maju dan lebih baik lagi,” kata Ilyas Sitorus.

Jelang Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 di Kota Medan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 7, Medan, Kamis (08/12/2022). Foto: Dinas Kominfo Sumut.

Menurut Kabid PIP Diskominfo Sumut Iwan Sutani Siregar, daerah ini memiliki sejarah pers yang kuat dan memiliki tokoh-tokoh pers hebat. Dia berharap semangat tersebut bisa kembali hidup dan menjadi pemacu jurnalis saat ini untuk membangun pers di Sumut

“Sejarah kita luar biasa, 147 terbitan surat kabar dari tahun 1880 hingga 1942, ada 3 pelopor koran perempuan pertama juga dari Sumut, bahkan tokoh dengan gelar Raja Delik Pers Indonesia juga dari sini, Parada Harahap, itu harus menjadi pemacu semangat kita mengembangkan pers Sumut dan Indonesia,” kata Iwan Sutani Siregar.

HPN 2023 sendiri akan diselenggarakan di Medan pada Februari 2023, dengan kegiatan berupa seminar dan pameran. Pada HPN kali ini juga akan diadakan pertemuan wartawan ASEAN yang tergabung dalam Confederation of ASEAN Journalists (CAJ).

“Akan ada dialog internasional yang akan dilakukan Ketua PWI Atal S Depari dengan narasumber jurnalis dari Eropa dan Amerika. Acara akan dilakukan hybrid,” kata Ketua HPN 2023 Mirza Zulhadi. (Red/IndoPos86.com).

banner 300x250
banner 468x60

Tinggalkan Balasan