Yasonna Apresiasi Langkah PMI Mitigasi COVID-19 di Lapas

  • Whatsapp
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Foto: Dok. Istimewa.

Jumat 20 Maret 2020 I Pukul  10.54 WIB

Jakarta, IndoPos86 – Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyampaikan apresiasi terhadap langkah mitigasi COVID-19 yang dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) pada lembaga pemasyarakatan (lapas) terutama yang padat penghuni (overload).

Bacaan Lainnya

“Di (lapas) kita ini sudah hampir 270.000 (warga binaan) dan lapas itu sudah hampir ‘over‘ kapasitas,” kata Yasonna.

Hal itu dikemukakan Menkumham saat memimpin kegiatan penyemprotan disinfektan di Lapas Klas 1 Cipinang, Jakarta Timur, bersama Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla, Jumat pagi (20/03/2020), dikutip dari ANTARA.

Yasonna mengatakan Lapas Klas 1 Cipinang saat ini sudah mengalami kelebihan kapasitas tampung hingga empat kali lipat dari kondisi ideal.

Kapasitas ideal Lapas Cipinang adalah 850 orang, namun saat ini mengalami kelebihan kapasitas tampung hingga 3.955 warga binaan.

“Jadi bisa dibayangkan kalau sampai kejadian. Mudah-mudahan tidak terjadi. Itu dampaknya akan sangat mengerikan sekali,” ujarnya.

Bila satu orang terjangkit COVID-19, kata Yasonna, maka dampaknya bisa ribuan warga binaan terdampak penyakit yang sama di lapas tersebut.

Untuk itu dirinya sangat mengapresiasi kegiatan antisipasi wabah penyakit di lapas yang saat ini dilakukan oleh PMI secara serentak di delapan lapas Jakarta. (Adm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.