Upah THL Sekretariat DPRD Kampar Jauh Dibawah UMK

  • Whatsapp

Ilustrasi upah/gaji. Foto : Dok. Istimewa.

Senin 13 April 2020 I Pukul 22.58 WIB

Bacaan Lainnya

Kampar, IndoPos86 – Upah Tenaga Harian Lepas (THL) di sekretariat DPRD Kampar jauh di bawah Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kampar. UMK Kampar tahun 2020 sebesar Rp 2.950.000 perbulan.

Salah seorang THL yang bertugas dikantor DPRD Kampar blak-blakan menyampaikan bahwa dirinya dan pegawai lainnya menerima gaji hanya sebesar Rp 1,5 juta perbulan.

“Kami setiap bulah hanya diberikan upah sebesar Rp 1,5 juta,” ucapnya yang minta namanya dirahasiakan.

“Upah tersebut tidak ada penambahan dari tahun 2019,” tambahnya.

Ia menyadari, upah yang diterimanya tersebut sangat kecil, namun dirinya tidak bisa berbuat apa-apa selain pasrah dengan keadaan dan ia sangat berharap ada kenaikan, minimal mendekati UMK Kampar.

Kepala Divisi Indonesia Law Emforcent Monitoring, Syailan Yusuf¬†menyayangkan hal tersebut. “Kita sangat menyayangkan upah THL jauh dibawah UMK Kampar,” ucapnya.

“Padahal, UMK yang telah ditetapkan itu sudah melalui berbagai proses dan kajian mendalam oleh Dewan Pengupahan Kabupaten Kampar, dengan memperhatikan kebutuhan layak hidup di Kampar,” sebut Syailan.

“Undang Undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan nampaknya dikesampingkan dalam pemberian upah THL,” lanjutnya.

“Untuk itu, kita minta agar pemerintah Kabupaten Kampar bisa mengkaji ulang standarisasi daftar harga yang diterbitkan,” pungkasnya. (Ryan Kampar/IndoPos86)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.