Tuntut Hak-Hak Karyawan, Massa PPMI Medan Demo Didepan PT UNIBIS

  • Whatsapp
Sejumlah massa yang tergabung dalam Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Kota Medan melaksanakan demonstrasi di depan PT UNIBIS Jl. Yos Sudarso Medan, Rabu (10/06/2020). Foto: IndoPos86.

Rabu 10 Juni 2020 I Pukul 16.40 WIB

Medan, IndoPos86 – Massa aksi yang tergabung dalam Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) Kota Medan melaksanakan demonstrasi di depan perusahaan yang bergerak dibidang industri makanan PT UNIBIS yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Medan, Rabu (10/06/2020).

Dengan membawa spanduk massa aksi hendak menyampaikan tuntutan mereka kepada pihak perusahaan.

Dalam keterangan yang diterima IndoPos86 upaya damai telah ditempuh untuk menyelesaikan persoalan baik secara Bipartit maupun Triparti di dinas terkait namun tidak menemukan solusi bagi pekerja/buruh di PT UNIBIS, sementara pelanggaran terus berlangsung.

Berikut merupakan poin-poin yang menjadi landasan massa melakukan aksi demonstrasi:

  1. Pemotongan gaji pokok dengan alasan yang tidak jelas kepada karyawan/ti dengan jumlah pemotongan berkisar Rp. 200.000,- s/d Rp. 1.900.000,- bulan/ sampai waktu yang tidak ditentukan.
  2. Ekstra pooding yang tidak sesuai dengan jumlah kalori berdasarkan UU 13 Tahun 2003 Pasal 86 tentang ekstra pooding, dan tidak direalisasikan sejak tanggal 26 mei 2019 s/d sekarang, walaupun sudah dilaporkan ke Unit Pengawasan Ketenagakerjaan UPT Wilayah I sampai sampai saat ini juga belum ada keputusan.
  3. PHK sepihak menjelang Lebaran dan tidak mengeluarkan THR oleh pihak PT UNIBIS.
  4. Tetap bekerja diluar jam kerja dan tidak dihitung lembur dengan alasan Banjiran (kelebihan produksi) dimana SDM yang ada tidak sebanding dengan kapasitas produksi mesin.
  5. Pemotongan gaji pada saat mangkir ditambah lagi dengan pemotongan dalam bentuk denda.
  6. Tidak adanya uang makan bagi beberapa karyawan yang jelas-jelas melanggar surat edaran Kepmenaker 1990 yang sudah lazim dilaksanakan perusahaan.
  7. Sistem shift kerja yang tidak jelas dan tidak mempertimbangkan waktu kerja terkait keamanan pekerja waktu berangkat dan pulang dari perusahaan, contohnya ada shift masuknya jam 3 dini hari.
  8. Pembayaran gaji yang sering tidak sesuai dengan jadwal dan bahkan terlambat.

“Karyawan kontrak di UNIBIS sudah masuk zona produksi, ini yang kita harapkan mereka bisa diangkat jadi karyawan tetap,” ucap Awaluddin Pane Ketua DPC PPMI Kota Medan melalui sambungan telepon kepada IndoPos86.

Ia juga menambahkan kegiatan aksi yang berlangsung pagi tadi diikuti lebih dari 100 massa aksi. Dan kegiatan difokuskan di depan PT UNIBIS.

Kegiatan yang berlangsung Rabu pagi berjalan dengan kondusif hingga selesai. Perwakilan massa aksi juga sempat bertemu pihak Polres KP3 Belawan dan Polda Sumut. (Red/IndoPos86).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.