Tontowi Ahmad: All England, Juara Dunia, Emas Olimpiade Hingga Akhirnya Gantung Raket

  • Whatsapp
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir merayakan keberhasilan mereka meraih emas Olimpiade Rio 2016 (17/08/2016). Foto: Gih Chai Hin/AFP.
“Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya,”

Senin 18 Mei 2020 I Pukul 12.20 WIB

Jakarta, IndoPos86 – Peraih medali emas Olimpiade 2016 Brasil Tontowi Ahmad resmi pensiun dari dunia bulu tangkis yang telah melambungkan namanya. Owi panggilan akrabnya mengikuti langkah pasangannya di ganda campuran saat merebut emas Olimpiade Liliyana Natsir.

Bacaan Lainnya

Butet sapaan Liliyana Natsir telah lebih dahulu memutuskan gantung raket tahun lalu usai mengikuti kejuaran Indonesia Masters pada Januari 2019.

Pengumuman serta keputusan pensiun dari dunia bulutangkis tersebut disampaikan Tontowi lewat akun instagram miliknya @tontowiahmad_.

“Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal untuk sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku menjadi lebih berwarna, kadang susah kadang senang tetapi saya bangga dengan apa yang sudah saya capai, di mana saya bisa meraih puncak prestasi yang saya dan orang tua juga keluarga harapkan,” tulis Tontowi.

Tangkapan layar Instagram Tontowi Ahmad yang menyatakan dirinya pensiun dari olahraga bulutangkis yang telah melabungkan namanya. Foto: Instagram/tontowiahmad_

“Memang saya mengharapkan saya bisa menyudahi ini di puncak podium tetapi inilah hidup tidak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini. Tetapi apapun yang terjadi, saya sangat bersyukur bisa berada di posisi saya sekarang ini,” lanjut Owi.

Owi mencapai puncak prestasi saat berpasangan dengan Liliyana Natsir sejak 2010. Bertarung di nomor ganda campuran, dalam periode 2010-2019, Owi/Butet berhasil menjadadi  juara dunia dua kali yaitu pada 2013 dan 2017.

Tontowi/Liliyana juga mampu menorehkan hattrick gelar All England pada periode 2012-2014 serta bertengger di posisi nomor satu dunia. Prestasi puncak Tontowi/Liliyana tentu ketika mereka berhasil jadi membawa pulang medali emas Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Sehingga dengan capaian yang telah dipersembahkan untuk Indonesia, pasangan ganda campuran kebanggaan bangsa ini merupakan ganda campuran terbaik sepanjang masa yang dimiliki dunia bulu tangkis Indonesia. (Red/IndoPos86).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.