Terinspirasi ‘Joker’, 4 Pelaku Vandalisme Ditangkap di Banjar

  • Whatsapp
Ilustrasi tokoh DC Comic 'Joker'. Foto : Dok. Warner Bros Pictures via YouTube.

Senin 13 April 2020 I Pukul 13.37 WIB

Bandung, IndoPos86 – Polres Banjar, Jawa Barat menangkap empat pelaku vandalism yang menuliskan kalimat ‘Kill The Rich‘ di sejumlah lokasi. Dari empat orang yang ditangkap, tiga di antaranya ditetapkan sebagai tersangka yakni BHS (21), AA (20), dan DMA (20).

Bacaan Lainnya

“Yang mendasari ketiga orang ini ditetapkan sebagai tersangka lantaran melakukan aktivitas upaya vandalisme di wilayah Kota Banjar. Mereka melakukan penyemprotan menggunakan cat semprot pilox di beberapa lokasi,” kata Kabid Humas Polda Jabar Komisaris Besar Saptono Erlangga, Senin (13/04/2020).

Saptono menjelaskan bahwa ketiga tersangka melakukan aksinya di tembok garasi GM, SMAN 1, Bulog, konveksi di Jalan Husein Kartasasmita, Jalan Dewi Sartika, Jalan Gudang, dan di Kantor Desa Jajawar.

Mereka diduga melakukan penghasutan atau penghinaan terhadap pemerintah serta aparat keamanan melalui vandalisme yang salah satunya bertuliskan ‘Kill The Rich’.

“Pelaku melakukan aksinya pada akhir bulan Maret sebanyak dua kali dan di awal April satu kali. Pelaku juga melakukan aksi ini terinspirasi dari film ‘Joker‘,” ujar Saptono.

Joker merupakan tokoh dalam DC Comic. Dalam berbagai serial komik dan film, karakter Joker kental dengan nuansa kriminal. Termasuk dalam film Joker yang tayang di bioskop pada 2019 lalu.

Barang bukti yang disita berupa dua buah pilox, empat unit handphone dan dua unit sepeda motor. Selain itu, sebuah baju bertuliskan yang menghina pemerintah dan buku.

“Atas perbuatannya itu, ketiga pelaku dikenakan Pasal 160 KUHPidana dan atau 207 KUHPidana, dan atau Pasal 14 dan 15 UU RI No.1 Tahun 1946. Ancaman hukuman 10 tahun penjara,” ujarnya.

Saptono lalu mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya Kota Banjar agar tidak terprovokasi. Masyarakat juga jangan menyebarkan informasi yang belum dipastikan kebenarannya, karena bisa menimbulkan keresahan.

“Mari kita menjaga keamanan bersama dan tetap terus menerapkan social maupun physical distancing di tengah pandemi COVID-19 ini. Kepada warga Kota Banjar untuk saling mengedukasi agar jangan sampai terpancing dengan berita yang belum tentu kebenarannya, dan mohon dilaporkan segera kepada RT Siaga dan kepada kami selaku pihak keamanan,” katanya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya juga meringkus sejumlah pelaku vandalisme di Kota Tangerang. Mereka adalah kelompok anarko sindikalis atau penganut paham anarkisme.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sudjana menjelaskan para pelaku menuliskan kalimat provokasi, ‘kill the rich’, ‘sudah krisis, saatnya membakar’, hingga ‘mau mati konyol atau melawan’. Mereka menggunakan pilox dan menuliskan kalimat provokasi itu seperti di tiang listrik hingga tembok rumah. (CNNIndonesia/IndoPos86).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.