Temui Menkopolhukam, Kepala BNN Bahas Rencana Aksi Nasional P4GN

  • Whatsapp
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (13/03/2020). Foto : Maulana Ramadhan/kumparan.

Sabtu 14 Maret 2020 I Pukul 11.03 WIB

Jakarta, IndoPos86 – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko menyambangi Menkopolhukam Mahfud MD di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (13/03/2020). Dalam pertemuan itu, keduanya membahas soal implementasi Inpres 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

Bacaan Lainnya

“Kami bahas sama Pak Menko karena dalam Inpres tersebut juga memerintahkan Bapak Menko untuk mengkoordinir kegiatan ini untuk membuat rencana aksi juga dengan Bappenas,” kata Heru di Kemenkopolhukam, Jumat (13/03/2020), dikutip dari kumparan.

Ia menambahkan, inpres tersebut telah diteken oleh Presiden dan sudah berlaku. Heru menjelaskan, inpres tersebut berisi tentang perintah Presiden kepada kementerian, lembaga, dan kepala daerah provinsi, kabupaten atau kota untuk melaksanakan rencana aksi nasional P4GN.

“Kita mengajak semuanya untuk bersama-sama untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika” tuturnya.

Kendati begitu, Heru enggan memaparkan lebih jauh strategi dana rencana aksi nasional P4GN tersebut. Ia hanya mengungkapkan, saat ini BNN telah melakukan kesepakatan dengan kementerian dan lembaga untuk implementasi P4GN.

“Mulai tahun ini kita jalan. Dengan Menteri PAN-RB juga sudah kita bahas. Kita harapkan masing-masing gubernur (dari) hasil evaluasi kita dan (bisa) bersama-sama untuk memberantas ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Heru menuturkan, secara khusus strategi pencegahan narkotika nasional ditujukan pada generasi muda. Terlebih Indonesia akan menghadapi bonus demografi.

“(Sasaran ke) semuanya, tapi kita fokuskan ke generasi muda. Kita fokuskan untuk bonus demografi kita. Kita jaga benar anak-anak kita,” pungkas Heru.


Dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet Setkab.go.id, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Inpres 2 Tahun 2020 pada 28 Februari 2020.

Melalui Inpres ini, Presiden menginstruksikan kepada Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Jaksa Agung; Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Badan Intelijen Negara, Para Kepala Lembaga Pemerintah Nonkementerian, Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Para Gubernur, Para Bupati /Wali Kota untuk Melaksanakan Rencana Aksi Nasional P4GN Tahun 2020-2024.(Adm).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.