Sri Mulyani Meminta Penyaluran Dana Bos Ke Sekolah Dipantau

  • Whatsapp

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati seusai mengikuti rapat koordinasi tingkat menteri tentang penyaluran bantuan operasional sekolah (BOS) di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (04/03/2020). Foto : Dewanto Samodro/ANTARA.


Rabu 4 Maret 2020 I Pukul 15.40 WIB

Bacaan Lainnya


Jakarta, IndoPos86 – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaksanakan Rakor (Rapat Koordinasi) dengan beberapa kementerian diantaranya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama serta Kementerian Dalam Negeri. Rapat koordinasi ini berlangsung di kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (04/03/2020).

Sri Mulyani mengatakan bahwa Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Muhajjir Effendy meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan untuk duduk bersama agar sistem penggunaan anggaran pendidikan lebih baik.

Atas arahan itu sehingga Sri Mulyani meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama untuk memantau penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) langsung ke sekolah-sekolah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memantau di sekolah-sekolah umum yang berada diawah naungannya. Sedangkan Kementerian Agama memantau di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Dan khusus untuk Madrasah Ibtidaiyah akan dipantau oleh pemerintah daerah melalui dinas.

Sri Mulyani mengatakan anggaran pendidikan di APBN sebanyak 20 persen senilai dengan Rp550 triliun. Selama ini penyaluran anggaran pendidikan melalui berbagai saluran. Sri Mulyani mengatakan dari total dana tersebut ada yang disalurkan melaui pusat yaitu melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Dan ada juga yang disalurkan ke daerah yang nilainya Rp330 triliun.

Penyaluran anggaran pendidikan ke daerah itu melalui dana alokasi umum untuk gaji guru, dana alokasi khusus fisik untuk pembangunan dan perbaikan sekolah, maupun untuk dana alokasi khusus nonfisik.

Karena penyaluran anggaran pendidikan yang banyak saluran tersebut, Sri Mulyani mengatakan pemantauan harus betul-betul dilakukan untuk memastikan bahwa seluruha dana BOS digunakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. (Adm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.