Presiden Joko Widodo Serahkan SK Perhutan Sosial dan Hutan Adat untuk Masyarakat Provinsi Riau

  • Whatsapp

Presiden Joko Widodo menyerahkan SK Perhutanan Sosial, di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Foto : Sekretariat Kabinet.


Sabtu, 22 Februari 2020 I Pukul 12.00 WIB

Bacaan Lainnya


Riau, IndoPos86 – Bersamaan dengan jadwal kunjungan kerja ke Provinsi Riau Presiden Joko Widodo menyerahkan SK Perhutanan Sosial dan Hukum Adat untuk masyarakat Riau di Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim, Kabupaten Siak.

Presiden Joko Widodo menyerahkan SK Perhutanan Sosial untuk 39 Hutan Desa dan Hutan Kemasyarakatan, 2 Hukum Adat pada 9 kabupaten dan 10 KPH di Provinsi Riau.
Sampai dengan Februari 2020 pemberian akses kelola kawasan hutan melalui Perhutanan Sosial sudah mencapai 4.062 juta Ha, dengan jumlah SK izin atau hak sebanyak 6.464 SK bagi masyarakat sejumlah 821.371 KK.

Untuk pengakuan dan penetapan hutan adat seluas 35.150 Ha yang tersebar dalam 65 Masyarakat Hukum Adat seluas 915.004 Ha di 22 provinsi dan 48 kabupaten.
Sedangkan untuk hutan sosial yag sudah ada di Riau sebayak 108 ribu HA dari potensi 1,05 juta Ha. Pada periode 2020-2024, untuk seluruh Indonesia seluas 4 juta Ha dengan target utama seluas 12,7 juta Ha.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutan (LHK) Siti Nurbaya menyampaikan masyarakat yang telah mendapatkan izin diberikan pendampingan dengan pengembangan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS). Mereka berperan meningkatkan kapasitas, kemudahan akses pembiayaan pelaksanaan agroforestri, serta akses pasar.

Selain pembagian SK juga dilakukan penanaman pohon sebanyak 1.000 bibit pohon di lokasi Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim di Kabupaten Siak diikuti masyarakat sekitar serta dari unsur pramuka.

Pada kesempatan yang sama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK)  juga membagikan bibit gratis Kebun Bibit Desa (KBD) dan bibit produktif kepada masyarakat sebanyak 40.000 batang. Melalui pembagian bibit gratis, diharapkan selain bertujuan untuk pemulihan lahan juga untuk meingkatkan pendapatan masyarakat sekitar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.