Pandopo, Tempat Istirahat Bupati dan Tempat Untuk Menjalin Silaturahim Dengan Masyarakat

  • Whatsapp
Salah satu seniman dan budayawan Kabupaten Kampar, Oren Gompo. Foto: Ryan Kampar/IndoPos86.
“Pandopo itu dulunya dijadikan tempat tinggal Bupati untuk mempermudah tokoh masyarakat, alim ulama dan termasuk masyarakat yang ingin menemui Bupati,”

Minggu 7 Juni 2020 I Pukul 16.10 WIB

Kampar, IndoPos86 – Pada masa mantan Bupati Kampar, Soebrantas, Pandopo atau Balai Bupati digunakan tempat istirahat Bupati dan tempat silaturahim untuk tokoh masyarakat yang ingin menemui Bupati Kampar pada saat itu.

Muat Lebih

Hal itu diungkapkan oleh salah satu seniman dan budayawan Kampar, Oren Gompo, kepada awakmedia, pada Minggu (7/6/2020).

“Pandopo itu dulunya dijadikan tempat tinggal Bupati untuk mempermudah tokoh masyarakat, alim ulama dan termasuk masyarakat yang ingin menemui Bupati,” ucapnya.

“Kalau siang harinya Bupati sibuk bekerja di kantor dan malam harinya barulah ada kesempatan untuk menerima tokoh masyarakat, alim ulama dan warga masyarakat yang hendak jumpa dengan bupati di Pandopo,” kata Oren Gompo.

“Dulu Pandopo selalu terbuka untuk masyarakat, tidak pernah pintu pagarnya tertutup. Bahkan juga dulunya di Pandopo itu ada binatang, gajah sama harimau jadi tontonan warga masyarakat Kampar,” ucapnya.

“Almarhum Bupati Soebrantas, walau bukan orang pribumi Kampar tetapi almarhum bisa bersahabat dengan niniok mamak, alim ulama dan warga masyarakat Kampar,” kata Oren Gompo.

Lanjutnya, ketika almarhum pindah ke provinsi para tokoh masyarakat, alim ulama dan warga masyarakat Kampar banyak yang sedih dan menangis, karena kebaikan almarhum, kenang Oren Gompo

“Waktu Eks Bupati Kampar, Soebrantas meninggal dunia, kampar berduka padahal beliau bukan lagi pejabat di Kampar ini,” ucap Oren.

Oren Gompo berharap, Pandopo difungsikan sediakala dan bupati tinggal di Pandopo, agar masyarakat senang jumpai Bupati. (Ryan Kampar/IndoPos86).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *