Menlu AS Mike Pompeo Bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor

  • Whatsapp
Menlu AS Mike Pompeo bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor, Kamis (29/10/2020). Foto: Dok. Rusmam/Setpres RI.
“Sekretaris Pompeo, Dear Mike, selamat datang kembali di Jakarta. Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk menerima Anda kembali di Indonesia setelah kunjungan terakhir Anda dua tahun lalu,”

Kamis 29 Oktober 2020 I Pukul 13.10 WIB

Bogor, IndoPos86 – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard ‘Mike’ Pompeo melakukan lawatan ke Indonesia. Pompeo bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.

Muat Lebih

Pompeo tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020) sekitar pukul 11.00 WIB. Jokowi dan Pompeo tampak mengenakan masker dan jas.

Jokowi mengajak Pompeo berkeliling ruangan di gedung utama Istana Kepresidenan Bogor. Keduanya juga melambaikan tangan di beranda Istana Bogor.

Sebelum bertemu Jokowi, Pompeo bertemu Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Pompeo dan Retno membahas visa pelajar hingga Laut China Selatan.

“Sekretaris Pompeo, Dear Mike, selamat datang kembali di Jakarta. Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk menerima Anda kembali di Indonesia setelah kunjungan terakhir Anda dua tahun lalu,” kata Retno.

Retno juga menyampaikan terima kasih atas bantuan 1.000 ventilator dari pemerintah AS untuk penanganan virus Corona.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah AS atas kerja sama dengan Indonesia selama pandemi, termasuk melalui penyediaan 1.000 ventilator. Saya juga menegaskan kembali pentingnya membangun ketahanan kesehatan nasional dan regional, karena AS dapat memainkan peran utama untuk mendukung upaya ini,” kata Retno.

Menlu Retno Marsudi sambut kedatangan Menlu AS Mike Pompeo. Foto: Dok Kemlu RI.

Menlu Retno Marsudi sambut kedatangan Menlu AS Mike Pompeo. Foto: Dok Kemlu RI.

Kunjungan Pompeo ke Indonesia merupakan rangkaian perjalanannya ke India, Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia pada 25-30 Oktober 2020.

Kunjungan ini dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China dalam mencari dukungan negara-negara di Asia, khususnya soal konflik Laut China Selatan, yang diklaim sebagai wilayah milik China. Klaim tersebut ditentang oleh banyak negara, termasuk Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri AS, dijelaskan bahwa kunjungan Pompeo ke Indonesia untuk ‘menegaskan visi kedua negara tentang Indo-Pasifik yang bebas terbuka’.

Kunjungan Pompeo ini dilakukan menyusul kunjungan Wakil Menteri Pertahanan AS dan delegasi US International Development Finance Corporation (DFC).

Pompeo sebelumnya juga pernah berkunjung ke Indonesia pada 2018. Pompeo bertemu dengan Retno Marsudi dan Jokowi kala itu. (Detik.com/IndoPos86).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *