Menhan Prabowo Subianto bentuk Relawan Komduk Pertahanan Negara Bidang Kesehatan Hadapi COVID-19

  • Whatsapp

Menhan Prabowo Subianto bentuk Relawan Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan hadapi COVID-19. Foto: Dok. Instagram/IndoPos86.

Senin 4 Mei 2020 I Pukul 22.22 WIB

Bacaan Lainnya

Jakarta, IndoPos86 – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyiapkan bantuan bagi tenaga medis dalam menangani membeludaknya pasien di tengah pandemi virus corona. Kemhan menyiapkan Relawan Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan sebagai dukungan terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Ada 293 relawan dalam Komduk. Juru bicara Kemhan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, mereka akan memulai tugasnya dengan penempatan di RS Dr. Suyoto Pusrehab Kemhan.

“Pagi tadi bertempat di Pusat Diklat Bahasa Kemhan Pondok Labu-Jakarta Selatan, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melepas sebanyak 293 relawan Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan untuk Percepatan dan Penanganan COVID-19. Relawan Komduk tersebut akan ditugaskan di RS Dr. Suyoto Pusrehab Kemhan,” kata Dahnil dalam keterangan tertulisnya, Senin (04/05/2020).

Menhan Prabowo Subianto bentuk Relawan Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan hadapi COVID-19. Foto: Instagram/IndoPos86.

Dahnil menyebut antusiasme masyarakat untuk menjadi relawan Komduk bidang kesehatan itu terbilang cukup tinggi. Kemhan mencatat hingga penutupan pendaftaran pada 19 April, ada 1.768 orang mendaftarkan diri lewat sistem online dan 300 orang melalui WhatsApp.

“Hingga penutupan pendaftaran pada 19 April 2020, sebanyak 1.768 orang mendaftar lewat online dan 300 orang melalui aplikasi WhatsApp. Namun hanya 293 calon relawan yang terpilih,” ungkapnya.

Untuk memastikan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, 293 relawan tersebut telah menjalani serangkaian tes kesehatan. Tes yang diikuti para relawan meliputi COVID-19 rapid test, medical check-up, dan kredensialing oleh Komite Medik terkait.

Adapun bidang keahlian para relawan tersebut terdiri dari dokter, bidan, perawat, kesehatan masyarakat, nutrisi, analis kesehatan, radiografi, farmasi, dan apoteker.

Menhan Prabowo Subianto bentuk Relawan Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan hadapi COVID-19. Foto: Instagram/IndoPos86.

“Para relawan Komduk Pertahanan Negara Bidang Kesehatan ini juga mendapat bimbingan teknis dan materi Bela Negara,” tuturnya.

Dahnil mengatakan, Prabowo berterima kasih dan mengapresiasi semangat bela negara yang ditunjukkan para relawan Komduk untuk bersama mengatasi COVID-19.

“Menhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas dan kerelaan para anak bangsa tersebut,” ungkap Dahnil.

Dalam sambutannya, Prabowo juga menekankan soal keberadaan virus COVID-19 yang menjadi ancaman nyata masyarakat Indonesia. Ia menuturkan dalam perang menghadapi musuh yang tidak memiliki ideologi, dibutuhkan semangat saling membantu sesama.

“Seluruh dunia terpengaruh. Banyak negara lebih parah dari kita, tetapi titik terang sudah mulai kelihatan. Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia membuat kita harus selalu optimis dalam menghadapi dan menyelesaikan wabah COVID-19 ini secara bersama-sama dengan semangat gotong royong dan saling bantu,” pungkasnya. (kumparan.com/IndoPos86).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.