Lima Wilayah di Sumbar Laksanakan Test COVID-19

  • Whatsapp

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno. Foto: Dok. Istimewa.

Selasa 5 Mei 2020 I Pukul 19.58 WIB

Bacaan Lainnya

Padang, IndoPos86 – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) melakukan pool test atau melakukan tes COVID-19 dengan jumlah banyak di 5 kabupaten dan kota.

Metode tersebut dilakukan untuk mendeteksi apakah ada warga yang terpapar virus corona di daerah tersebut atau tidak.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan lima daerah yang dilakukan pool test adalah daerah yang warganya belum ditemukan positif COVID-19. Masing-masing Kota Solok, Sawahlunto, Kabupaten Limapuluh Kota, Sijunjung dan Solok Selatan.

“Daerah dites melalui metode pool yang dipimpin oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, diambil dengan cara random lewat 100 spesimen,” katanya di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (04/05/2020).

Ilustrasi rapid test. Foto: Paramayuda/ANTARA FOTO.

100 spesimen diambil dari warga yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan orang dalam pantauan (ODP). Hasilnya, daerah Solok Selatan merupakan wilayah yang paling aman saat ini.

Empat daerah lain memang tidak ada yang positif, namun daerah itu berada di kawasan perlintasan banyak orang. Sehingga dikhawatirkan belum sepenuhnya aman.

Meski sudah aman, Solok Selatan masih tetap dalam status pembatasan sosial berskala besar bersama daerah Sumbar lainnya. Daerah tersebut bisa melepaskan diri dari PSBB dipastikan besok dan itu pun tergantung aspirasi daerah tersebut.

” Solok Selatan paling aman, yang lain juga negatif, tapi mengawal daerah itu agak berat karena banyak pergerakan orang di sana. Kalau di Solok Selatan tidak begitu, apalagi kemarin jalan putus,” katanya. (Enda A. Jalal/IndoPos86)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.