Komunitas Literasi STAI UISU Adakan Pelatihan Menulis Buku

  • Whatsapp
Komunitas Literasi STAI UISU Pematang Siantar (Komisi Kita) mengadakan pelatihan menulis buku antologi sampai terbit, Minggu (15/11/2020). Foto: Istimewa.
“Target kita bahwa komunitas yang baru dibentuk ini bisa melahirkan satu buku antologi, yang Insyaallah Januari 2021 sudah bisa launching,”

Selasa 17 November 2020 I Pukul 21.48 WIB

Pematang Siantar, IndoPos86 – Komunitas literasi STAI UISU Pematang Siantar (Komisi Kita) mengadakan pelatihan bertajuk “Menulis buku antologi sampai terbit”, Minggu (15/11/2020).

Bertindak sebagai narasumber Muhammad Syafii Saragih, MA dosen dan penulis beberapa buku. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula perpustakaan di kampus STAI UISU jalan Sangnawaluh Kota Pematang Siantar.

Pelatihan diikuti oleh anggota Komunitas sebanyak tiga puluhan yang terdiri dari mahasiswa STAI UISU Pematang Siantar. Para peserta mengikuti pelatihan dengan penuh semangat, hal ini tampak dari antusiasme mereka ketika mengikuti pelatihan.

Dalam sambutannya, ketua komunitas literasi, Wanika mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih kemampuan para anggota komunitas khususnya dalam menulis buku.

“Target kita bahwa komunitas yang baru dibentuk ini bisa melahirkan satu buku antologi, yang Insyaallah Januari 2021 sudah bisa launching,” tuturnya.

“Oleh karenanya kita tidak merekrut banyak peserta karena kita fokus pada Januari nanti,” lanjut Wanika penuh semangat.

Komunitas Literasi STAI UISU Pematang Siantar (Komisi Kita) mengadakan pelatihan menulis buku antologi sampai terbit, Minggu (15/11/2020). Foto: Istimewa.

Sementara itu narasumber Muhammad Syafii Saragih dalam pelatihannya mengatakan bahwa menulis itu memiliki banyak manfaat yang antara lain; mengikat ilmu, menebar ilmu, dan membuat sejarah.

Ia juga menguraikan kepada para peserta bahwa menulis buku antologi tidaklah sulit, hanya butuh keseriusan dan kerjasama antar penulis.

Ketika ditanya soal launching buku Antologi di bulan Januari mendatang, beliau menegaskan, “kenapa enggak, InsyaAllah, Januari sudah bisa terbit, coba nanti diundang Walikota, biar peran komunitas literasi STAI UISU bisa lebih menggema,” ujarnya.

Selain itu beliau juga menghimbau agar komunitas literasi STAI UISU lebih bisa mengembangkan sayapnya tidak hanya di dunia kampus saja, tetapi juga ke sekolah-sekolah dan masyarakat luas.

Dengan begitu, budaya literasi di kalangan masyarakat Siantar Simalungun akan lebih meningkat.

Tak lupa Wanika mengucapkan terimakasih kepada Ketua STAI UISU Bapak H. Mukhtar Lubis, M.M yang telah mensupport acara dan memfasilitasinya sehingga acara berjalan dengan lancar.

Wanika juga berharap agar komunitas ini mendapat dukungan yang lebih luas dari seluruh jajaran civitas akademika STAI UISU Pematang Siantar.

Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan bingkisan oleh ketua Komunitas kepada narasumber, yang disambut tepuk tangan oleh seluruh peserta. (Red/IndoPos86).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Masyaa Allah..
    Tabarakallah ya..

    Semoga sukses dan bisa bermanfaat bagi orang sekitar terutama bisa menambah terus buku antologi nya..