Kemendagri Mendukung Pertamina Mengembangkan Pertashop ke Seluruh Desa

  • Whatsapp
Dirut Pertamina Nicke Widyawati (kanan) berjabat tangan dengan Mendagru Tito Karnavian (kiri) usai penandatanganan MoU perluasan BBM melalui Pertashop di desa-desa, di Semarang, Selasa (18/2/2020). Foto/Dok-Pertamina.

Sabtu, 22 Februari 2020 I Pukul 10.30 WIB

Jakarta, IndoPos86 – PT Pertamina (Persero) menandatangani nota kesepakatan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memperluas jaringan pelayanan BBM dan LPG melalui pengadaan Pertashop di desa-desa yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia.
Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan konsumen BBM dan LPG yang berlum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain. Pertashop juga diharapkan mampu mendukung program Pertamina One Village One Outlet (OVOO) dalam rangka memastikan layanan Pertamina hingga ke pedesaan.
Bertempat di Semarang (18/2/2020) penandatanganan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati. Kegiatan penandatanganan dirangkai dengan acara Rapat Percepatan Penyaluran Dana DEsa 2020 yang dihadiri ribuan aparat desa se-Jawa Tengah. Turut meyaksikan pula Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertingal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.
Pertashop dibangun dengan 3 kategoro kapasitas penyaluran yaitu antara 400 liter per hari (Gold), 1.000 liter per hari (Platinum) dan 3.000 liter per hari (Diamond).
Adapun skema yang disiapkan Pertamina dalam memperluas layanan Pertshop yaitu dengan skema Investasi oleh Pertamina dimana melalui skema ini Pertamina menyiapkan modal sarana dan infrastruktur, sedangkan modal kerja disiapkan oleh Mitra Desa. Melalui skema ini keuntungan akan dibagi berdasarkan porsi inventasi yang sudah diberikan.
Sedangkan melalui skema Investasi Mitra Desa, keluruhan aspek baik sarana, infrasruktur hingga modal kerja disiapkan sendiri oleh Mitra Desa. Sehingga hasil keuntungan menjadi hak penuh Mitra Desa.(JP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.