Kapolri Keluarkan Surat Telegram Pencegahan Virus Corona di Institusi Kepolisian

  • Whatsapp
Kapolri Jenderal Idham Aziz usai rapat kerja perdana dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (30/01/2020). Foto : Johan Tallo/Liputan6.com
“perintah yang terdapat dalam telegram tersebut bersifat pencegahan terkait virus corona”

Senin 16 Maret 2020 I Pukul 13.58 WIB

Jakarta, IndoPos86 – Kapolri Jenderal Idham Azis mengeluarkan surat telegram yang berisi enam perintah pencegahan virus corona (COVID-19). Isi telegram tersebut dimaksudkan untuk pencegahan virus corona di institusi kepolisian.

Bacaan Lainnya

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono, mengatakan bahwa perintah yang terdapat dalam telegram tersebut bersifat pencegahan terkait virus corona.
“Tujuannya untuk pencegahan saja,” kata Brigjen Pol Argo Yuwono, saat dikonfirmasi, Senin (16/03/2020).

Telegram resmi tersebut dikeluarkan oleh Kapolri dan sudah ditandangani oleh Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Pol Eko Indra Heri. Isi perintah Kapolri dalam dalam surat telegram itu berisi 6 poin, dikutip dari Merdeka.com.

Berikut isi perintah Kapolri ke jajarannya yang tertuang dalam surat telegram itu:

1. Menyediakan alat pengukur suhu tubuh di setiap pintu masuk gedung atau kantor dan melakukan pengecekan suhu tubuh setiap orang yang masuk serta berkoordinasi dengan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat bila ditemukan adanya orang yang dicurigai (suspect) terpapar (COVID-19).

2. Menyediakan cairan antiseptik (hand sanitizer atau sabun cuci tangan) dan mewajibkan setiap anggota secara berkala mencuci tangannya.

3. Selalu menggunakan penutup mulut terutama saat batuk maupun bersin dan segera buang ke tempat sampah, membersihkan barang-barang yang sering tersentuh banyak orang atau rentan terkontaminasi.

4. Membiasakan atau menjadikan protap dalam memberi atau menerima salam tidak melakukan kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, cium pipi kanan-kiri, dan bentuk kontak fisik lainnya. Sebagai contoh salaman yang dianjurkan tanpa kontak fisik salam dengan menyatukan telapak tangan di depan dada, salam dengan menyentuh dada kiri dengan tangan kanan, hormat sesuai pud.

5. Agar satker atau satwil menyiapkan rencana kontingensi dalam mengantisipasi perkembangan penyebaran virus COVID-19 dan melakukan pelatihan berdasarkan protokol WHO.

6. Melaporkan kegiatan kepada Kapolri, UP As SDM, dan untuk kecepatan proses pelaporan dapat dikirim melalui alamat email Bagbinjas (Bagian Pembina Jasmani) yakni bagbinjasrowatpers.ssdm@polri.go.id.(Adm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.