Erick Thohir : Tidak Ada BUMN Bisa Produksi APD

  • Whatsapp

Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) meninjau salah satu ruang modular di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (06/04/2020). Foto : M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO.

Rabu 8 April 2020 I Pukul 12.45 WIB

Bacaan Lainnya

Jakarta, IndoPos86 – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, hingga kini belum ada perusahaan pelat merah yang memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan Virus Corona (COVID-19).

Selama ini, APD hanya diproduksi oleh swasta dengan kapasitas 17 juta per tahun.

“Untuk APD, kami BUMN tidak punya perusahaan yang buat, mayoritas dibuat swasta dengan kapasitas 17 juta per tahun,” ujar Erick di Jakarta, Selasa (07/04/2020).

Untuk memenuhi kebutuhan APD yang terus meningkat, Kementerian BUMN bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencari negara yang bisa memasok APD ke Indonesia. Salah satunya perusahaan dari Korea Selatan.

“Kemarin saya ketemu kepala BKPM mengenalkan satu perusahaan Korea. Dia stoknya masih cukup banyak, bahkan beberapa bahan baku dari korea dari perusahaan ini sudah masuk ke Indonesia,” jelas Erick.

Erick menambahkan, nantinya rumah sakit swasta dan BUMN siap membeli APD dari perusahaan tersebut. Sementara itu, pemerintah akan terus mencari negara pemasok bahan baku agar Indonesia bisa memproduksi APD sendiri.

“Tapi dengan catatan bahwa mereka (perusahaan Korea) bisa produksi dengan jumlah yang dibutuhkan dan kami rumah sakit swasta dan BUMN siap membeli. Bahan baku masih sulit, tapi tentu saya yakin dengan solusi yang dilakukan Kemenlu dan lain-lain itu bisa dilakukan,” katanya. (Merdeka.com/IndoPos86).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.