Simalungun, Deli Serdang, dan Serdang Bedagai Lumbung Padi Sumatera Utara

  • Whatsapp

Ilustrasi para petani sebang memanen padinya di Kelurahan Kampeonaho, Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Foto : Defriatno Neke/KOMPAS.com


Rabu 4 Maret 2020 I Pukul 22.15 WIB

Bacaan Lainnya


Medan, IndoPos86Badan Pusat Statistik (BPS) Provisnsi Sumatera Utara baru saja merilis hasil penelitian tentang produktivitas padi di Sumatera Utara. Produksi padi di Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2019 turun sebesar 1,39 persen jika dibandingkan produksi padi pada tahun 2018 atau tinggal sebanyak 2, 078 juta ton gabah kering giling (GKG) karena ada beberapa daerah yang mengalami penurunan produksi.

“Produksi padi terbanyak di Sumatera Utara ada di Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Simalungun,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi di Medan, Rabu (04/03/2020).

Meski tiga daerah itu berkontribusi besar pada produksi padi di Sumut, namun pada 2019, hanya Deliserdang yang mengalami kenaikan produksi.

Sedangkan dua daerah lainnya yakni Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Simalungun, produksinya turun.

Produksi padi Provinsi Sumatera Utara berasal dari luas panen padi sebesar 413,14 ribu hektare.

BPS terus melakukan penyempurnaan perhitungan luas panen padi berdasarkan pengamatan yang objektif menggunakan metodelogi KSA yang dikembangkan bersama BPPT,” ujarnya.

BPS juga sedang menyempurnakan perhitungan produktivitas produksi padi Sumut per hektarenya.

“Yang pasti data produksi padi dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS)” ujar Syech Suhaimi.(Adm).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.